Tips Belanja Online : Berhemat dengan Ongkos Kirim

 



 

Penggunaan Media online saat ini merupakan salah satu bentuk dari perluasan pasar oleh para penyedia barang atau jasa. Hal ini disebabkan oleh karena kemajuan teknologi yang semakin memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi.

Komunikasi online sebagai salah satu bentuk komunikasi yang dibangun dalam satu jaringan, dalam hal ini internet, semakin memudahkan manusia untuk berkomunikasi tanpa hambatan berupa jarak dan waktu. Adanya kemajuan teknologi inilah yang medorong para penyedia barang atau jasa untuk memperluas jangkauan guna mendapatkan pembeli yang lebih banyak.

Kemudahan inilah yang membuat kita sebagai pembeli juga terbantu. Banyak sekali pilihan yang dapat kita temukan pada toko Online, sehingga memudahkan pula kita untuk dapat memilih dan membandingkan produk apa yang akan kita beli.

Pada kesempatan kali ini PromoBelanja.Com akan membagikan tips seputar belanja online dengan tema ‘berhemat dengan Ongkos Kirim”. Karena pada umummnya, biaya pengiriman dibebankan kepada para pembeli oleh para penjual.

Adapun tips tips berhemat dengan ongkos kirim adalah sebagai berikut ;

Pertamatemukan toko online yang menyediakan layanan free ongkir alias ongkos kirim gratis. Free Ongkir dapat anda temukan seperti pada Blibli.com, Shopee dan banyak lagi. Pada umumnya, fasilitas free ongkir ini disajikan dengan syarat dan ketentuan berlaku. Contoh; anda dapat mendapatkan fasilitas ini ketika anda berbelanja dengan nominal tertentu.

Bila anda mendapatkan fasilitas ini, ada baiknya anda mencari perbandingan harga dengan toko online yang lain. Walaupun tidak seluruhnya sama, namun beberapa toko online yang menawarkan fasilitas free ongkir pada umumnya menjual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan toko online yang tidak punya fasilitas atau program free ongkir.

Kedua, temukan jarak terdekat pengiriman. Apabila anda hendak mencari sebuah produk, pastikan toko online tersebut mempunyai jarak yang tidak jauh dari tempat anda tinggal, sehingga anda bisa menghemat pengeluaran untuk ongkos kirim.

Tips kedua tersebut juga dapat anda terapkan pada marketplace seperti tokopedia, bukalapak ataupun marketplace lain yang memungkinkan anda untuk mem-filter kota asal penjualan barang tersebut.

Ketiga, perhatikan volume dan berat produk yang akan anda beli. Pada tips kedua ini berlaku apabila anda mendapati toko online yang tidak menyediakan fasilitas atau program free ongkir.

Contoh kasus ;

Kita berbelanja di marketplace seperti tokopedia, kita akan menemukan banyak sekali penjual dengan produk yang sama dengan dengan harga yang bermacam-macam.

Tentusaja sebelumnya anda harus mempraktekkan tips kedua yang sudah kami sebutkan di atas. Pada tips ke-tiga ini yang perlu anda perhatikan selain harga yang lebih murah juga berat dari produk tersebut.

Toko A dengan produk dengan produk dan harga yang sama memasang berat produk sebesar 150gr, sedangkan toko B memasang berat produk sebesar 130gr. Perbedaan tersebut tentu saja akan menghasilkan biaya pengiriman yang berbeda meskipun terletak pada kota yang sama. Jadi disini sangat diperlukan kejelian anda dalam melihat deskripsi produk yang akan anda beli.

Keempat, Pilih jasa pengiriman yang lebih murah. Saat ini banyak sekali jasa pengiriman yang muncul. Mereka memberikan banyak sekali fasilitas dan program.

Toko online ataupun lapak yang ada di dalam sebuah marketplace biasanya menyediakan pilihan kepda calon pembeli untuk memilih kurir atau jasa pengiriman yang diminati.

Jadi ada baiknya jika anda sebelum anda mengkonfirmasi pembelian, anda mencoba satu per satu jasa pengiriman yang disediakan untuk mendapatkan biaya pengiriman yang lebih murah.

Demikianlah beberapa tips belanja online dengan berhemat melalui ongkos kirim yang dapat kami bagikan kepada anda. Apabila ada tips lain seputar ongkos kirim, akan kami update tulisan ini.

Apabila anda mempunyai tips lain seputar ongkos kirim, dengan senang hati kami akan menerima masukan dari anda melalui email cspromobelanja@gmail.com dan akan kami update pada tips ini dengan menyertakan nama anda dan tentu saja website anda sebagai backlink.

Terimakasih dan tunggu tips tips yang lain dari team PromoBelanja.Com